'cookieChoices = {};'

Dunia Tanpa Wajah Dalam Bingkai Cermin Realitas

Dunia Tanpa Wajah Dalam Bingkai Cermin Realitas


Gambar : www.yuksinau.id

“Jagat raya...(dan) tubuh kita sendiri menjelma menjadi layar monitor.”


_Jean Baudrillard
The Ecstasy of Communication, Semiotext, New York, 1988, hlm. 30.


Perkembangan teknologi informasi dan digital telah merubah potret dunia dewasa ini. Perubahan itu menjadikan hubungan dan komunikasi antar manusia terjadi secara artifisial. Dunia realitas kini telah kehilangan dimensi fisiknya, sebab realitas virtual telah menguasainya. Dengan lenyapnya dimensi fisik, maka dunia telah kehilangan wajah yang pada era sekarang telah diambil alih oleh dunia komputer.

Dunia tanpa wajah adalah dunia yang sejalan dengan apa yang disebut Jean Baudrillard sebagai dunia yang dimampatkan ke dalam layar, citra, objek, dan tanda-tanda. Dunia saat ini diartikulasikan oleh citra dan tanda-tanda, yang di dalamnya tidak lagi memerlukan relasi dengan realitas. Dunia tidak lagi merepresentasikan citra dan tanda-tanda, melainkan dunia yang direpresentasikan oleh citra dan tanda-tanda. Apa yang terjadi sekarang ini dapat diekuivalenkan dengan apa yang disebut Heidegger dengan ontologi citra yang pada titik tertentu terjadi keterputusan relasi tanda-tanda dan citra dengan realitascitra dan tanda-tanda telah kehilangan kontak dengan realitas yang diartikulasikannya.

Di era globalisasi dan informasi dewasa ini, yang ditandai dengan lenyapnya batas-batas ontologis antara citra dan realitas, yang kemudian membentuk seperangkat artikulasi jaringan-jaringan transparan global dalam berbagai diskursus: Tranparansi komunikasi, transparansi informasi, transparansi seksual. Di dalam jaringan transparansi komunikasi global, seseorang bebas mempertontonkan, memperlihatkan, memamerkan, membicarakan apa saja, termasuk hal yang paling tabu sekalipun. Ketika segala sesuatu menjadi transparan, yang terjadi adalah manusia telah diatur oleh hukum yang dikatakan Jean Baudrillard sebagai hukum orbit. Segala sesuatu berputar secara orbital, berpindah dari tempat satu ke tempat lain.

Jean Baudrillard melihat, di era transparansi informasi dewasa ini berkembang sistem nilai yang disebutnya sebagai sistem nilai fraktal, yaitu sistem nilai-nilai yang berkembang biak melalui pelipatgandaan tanpa akhir. Era globalisasi dan informasi telah merubah cara pandang manusia terhadap realitas dan citra. Ketika segala sesuatu telah menjadi transparan justru berakibat pada ketidakmampuan melihat sesuatu dibalik citra, bahwa dibalik kompleksitas citra dan tanda-tanda yang terlihat hanyalah kehampaan.

Berkembangnya citra di dalam dunia tanpa wajah pada akhirnya mererubah wujud realitas menjadi sebuah ontologi citraan. Manusia berubah wujud menjadi kutub inersia yang dikelilingi oleh citraan-citraan yang menjelma menjadi cermin tempat kita berkaca. Kini seakan-akan citra-citra tersebut telah mengambil alih fungsi dan membentuk realitas dengan bahasanya sendiri. Realitas telah diikat dan direduksi pada citra dan teralienasi, bahkan dilucuti dari realitas itu sendiri. Heidegger melihat bahwa di dalam dunia tanpa wajah menjadi ada berarti menjadi diperhatikan, ditonton, dilihat, dibicarakan yang pada akhirnya sekumpulan topeng-topeng yang dipertontonkan di atas panggung kehidupan.

Dapat dikatakan bahwa yang sebenarnya terjadi di dunia tanpa wajah adalah semacam fragmentasi ontologi citraan, komunikasi dan informasi yang berlangsung dalam satu orbit ketidakpastian. Kompleksitas telah mengurung realitas ke dalam dunia tanpa wajah yang di dalamnya hanya ada kehampaan nilai dan realitas semu. Di dalam dunia orbit citraan, setiap orang tampil tanpa wajah bahkan tanpa bayangan untuk dilihat, bayangan telah dilenyapkan oleh topeng-topeng dan citra-citra.



Oleh: Muzni Muddaststir Naim

COMMENTS

Name

BANDONGAN,43,FABEL,17,HIKAYAT,34,Impresi,11,Kajian,13,Maklumat,10,Ngaji Jumat,21,PUISI,128,Risalah,9,SOROGAN,194,ULASAN,15,
ltr
item
wacanbuku: Dunia Tanpa Wajah Dalam Bingkai Cermin Realitas
Dunia Tanpa Wajah Dalam Bingkai Cermin Realitas
Dunia Tanpa Wajah Dalam Bingkai Cermin Realitas
https://1.bp.blogspot.com/-8CdzZ6sP-Mg/Xe9Dc-pQ0zI/AAAAAAAAKtE/YJ86zvRCnCQ63GHQXgxK4jjPo_gEfm1qQCEwYBhgL/s320/Aliran-Seni-Rupa-Ekspresionisme.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8CdzZ6sP-Mg/Xe9Dc-pQ0zI/AAAAAAAAKtE/YJ86zvRCnCQ63GHQXgxK4jjPo_gEfm1qQCEwYBhgL/s72-c/Aliran-Seni-Rupa-Ekspresionisme.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2019/12/dunia-tanpa-wajah-dalam-bingkai-cermin.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2019/12/dunia-tanpa-wajah-dalam-bingkai-cermin.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy