'cookieChoices = {};'

Pikiran Ibnu Arabi dalam Futuhat al-Makkiyya

Pikiran Ibnu Arabi dalam Futuhat al-Makkiyya

Gambar : http://www.liberaldictionary.com


Allah menguji manusia dengan ujian yang tidak diberikan  kepada satu pun dari mahluk-Nya yang lain. Melalui ujian tersebut, Allah membawa manusia kepada kebahagian atau kesengsaraan tergantung kepada taufik yang dia berikan kepadanya. Ujian yang Allah berikan kepadanya adalah dia ciptakan dalam diri manusia sebuah kekuatan yang dinamakan “pikiran”. Ya , pikiran yang membuat manusia menjadi penguasa alam.

Allah tidak memberi ruang bagi pikiran kecuali dalam kekuatan imajinasi. Kekuatan pikiran ini sebagai pembantu bagi kekuatan lain yang disebut “akal”. Meskipun akal menjadi pemimpin pikiran, tapi Allah memaksa akal untuk menerima segala yang diberikan kepadanya oleh pikiran. Akal sifatnya sangat sederhana. Akal menerima ilmu pengamatan dari pikiran, dan akal pun menilai dan menghukumi sesuai dengan apa yang ia terima, akal penuh keterbatasan.

Dengan demikian, sisi kebodohan akal jauh lebih banyak daripada pengetahuannya,maka benar adanya istilah semakin belajar semakin merasa bodoh. Kemudian Allah memberi beban (taklif) kepada akal untuk memiliki ma’rifah tentang-Nya dan mengenal-Nya. Tetapi di dalam ma’rifah-nya itu akal harus merujuk kepada Allah, dan bukan kepada selain-Nya, termasuk pikiran. Apabila akal malah bersandar kepada pikiran dan bahkan menjadikannya sebagai imam (pemimpin yang harus diikuti), maka akal tersebut telah lalai terhadap apa yang sebenarnya Al-Haqq inginkan dari kata “tafakkur”.

Sesungguhnya Allah memerintahkan akal untuk mengendalikan pikiran agar ia bisa melihat dan memahami bahwa tiada jalan lain untuk bisa mengetahui Allah kecuali melalui pemberitahuan dari-Nya. Sehingga Allah akan menyingkapkan baginya melalui penyingkapan (kasyaf) tentang bagaimana perkara yang sebenarnya. Tapi kalau mereka mengambil dari kekuatan pikiran saja untuk mengetahui Allah, maka mereka tidak akan bisa bersepakat dalam satu hukum yang sama mengenai ma’rifah tentang-Nya.

Hal inilah yang menyebabkan mereka saling berbantah, dan berkelompok-kelompok sehingga berujung pada sikap yang lancang dengan selancang-lancangnya kepada Allah. Inilah ujian buat manusia dalam penciptaan pikiran. Adapun akal orang-orang pilihan Allah (para nabi, rasul dan wali-Nya), mereka tahu bahwa yang diinginkan oleh Allah pada mereka adalah dengan mengembalikan kepada Allah dalam urusan tersebut dalam setiap keadaan.
Inilah ungkapan dari akal mereka :

“Maha suci dia yang tiada menyediakan jalan untuk mengetahui-Nya kecuali ketidakmampuan untuk mengetahui-Nya” dan “ketidakmampuan memahami sebuah pemahaman adalah pemahaman itu sendiri”
Rasulullah bersabda :”Aku tidak mampu mengira-ngira pujian yang selayaknya kepada-Mu”

Allah berfirman : “Ilmu mereka tidak akan mampu meliputi-Nya” (QS 20:100).

Dari sinilah akhirnya menjadikan mereka benar-benar merasa fakir dan senantiasa membutuhkan dia dalam hal iman kepada-Nya dan juga dalam ma’rifah kepada-Nya. Mereka menyerahkan kembali pengetahuan tentang Allah kepada-Nya dan meninggalkan pikiran tetap pada levelnya, sehingga mereka telah memenuhi hak pikiran dan tidak menempatkannya pada sesuatu yang tidak selayaknya ia pikirkan.

Jadi yang harus menjadi pegangan seorang yang memiliki akal tentang Allah dalam dirinya adalah :

1. Dia harus tahu bahwa Allah maha kuasa terhadap segala sesuatu, baik yang mungkin ataupun mustahil,  tapi untuk mustahil terbatas, tidak untuk semua hal yang bersifat mustahil (contoh : kebodohan adalah hal-hal yang benar-benar mustahil bagi-Nya).

2. Dia maha mampu melaksanakan kekuasaaan-Nya dan maha luas pemberian-Nya.

3. Tidak ada pengulangan dalam apa yang dia ciptakan, yang ada hanyalah hal-hal yang memiliki kemiripan yang tercipta di dalam subtansi yang dia wujudkan.

Jika dia menghendaki, maka dia kekalkan, dan jika dia menghendaki, dia juga akan memusnahkannya. Namun untuk menjalankan 3 yang diatas , semuanya harus berawal dari kepatuhan. Kepatuhan itu  perlu diperlengkapi oleh 3 hal :

- Sadar-diri (reflextion / deep awareness)
- Kekuatan  ( pasrah )
- Pengawasan (ihsan)

Tanpa sadar-diri, sulit bagi kita untuk sadar saatnya bergerak melakukan perubahan. Tanpa kekuatan, sulit bagi kita untuk memulai rencana perubahan. Tanpa pengawasan, sulit bagi kita untuk menjaga pelaksanaan rencana. Pengembangan lebih lanjut dari sisi psikologi. Perenungan dapat diarahkan juga ke meditasi (tipe tafakkur). Pasrah diarahkan ke meditasi (tipe tadzakkur). Dan ihsan diarahkan ke meditasi (tipe zikir - fokus ke Allah ).

Kalau ini terlaksana dengan baik, pasti akan ada kejujuran menjaga konsistensi (istiqomah), yang semoga akan membantu kita (cepat/lambat) untuk menjaga ego sedemikian ketat, sehingga mengurangi keangkuhan, dan pada akhirnya membantu mempermudah kepatuhan lahir & batin dari segi akal , jiwa , dan badan.

Catatan kecil; Chiang Mai, thailand  04/04/2019
(Review Kitab Futûhât al-Makkiyya edisi bahasa Inggris–Buku Jilid ke dua-2)

Penulis : Mansurni Abadi (Divisi Fundraising Gerakan Literasi World Literacy Foundation Australia dan Penggagas Pustaka Bergerak Indonesia)

COMMENTS

Name

BANDONGAN,38,FABEL,17,HIKAYAT,32,Impresi,9,Kajian,13,Maklumat,10,Ngaji Jumat,21,PUISI,117,Risalah,6,SOROGAN,166,
ltr
item
wacanbuku: Pikiran Ibnu Arabi dalam Futuhat al-Makkiyya
Pikiran Ibnu Arabi dalam Futuhat al-Makkiyya
Pikiran Ibnu Arabi dalam Futuhat al-Makkiyya
https://1.bp.blogspot.com/-Q11TWb3aUCs/Xa-VOl9wI4I/AAAAAAAAKpI/lAHqO-K6gE81LU4LX1Z4D54JLdJTnvWEACLcBGAsYHQ/s320/ibn-arabi-9222.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Q11TWb3aUCs/Xa-VOl9wI4I/AAAAAAAAKpI/lAHqO-K6gE81LU4LX1Z4D54JLdJTnvWEACLcBGAsYHQ/s72-c/ibn-arabi-9222.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2019/10/pikiran-ibnu-arabi-dalam-futuhat-al.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2019/10/pikiran-ibnu-arabi-dalam-futuhat-al.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy