'cookieChoices = {};'

Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta # 16

Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta # 16


Gambar : .telegraph.co.uk
Setelah selesai sholat dzuhur . Jama 'ah mulai berhamburan satu persatu . Tidak seperti biasanya .gus jalal hari ini duduk bersila lebih lama dari biasanya .sedangkan romo yai zidnan ali juga sudah keluar dari masjid . Memasuki pelataran rumahnya . Sedangkan , bu nyai afifah ,terlihat lagi ngobrol sama husna azkia .
Bu nyai = mbak husna , tadi guse beli ketan banyak . Tadi juga bilang sama ibuk .suruh kasihkan kamu sama ayu ningrum .
Husna = injih buk , matur nembah nuwun sanget.
Bu nyai = bentar ya ,tak ambile dulu .
Husna = injih buk , nderek aken .
Lalu , bu nyai pun memasuki rumahnya untuk mengambilkan ketan .di saat itu juga . Gus jalalpun juga baru keluar dari masjid . Diapun berjalan setapak demi setapak . Wajahnya menunduk tanpa menengok kekanan maupun ke kiri . Memasuki pelataran rumah . Wajahnya tetap tertunduk . Sampai , sebuah suara menghentikan langkahnya .
Bu nyai = bagus , mbak husnanya ibuk kasih 2 yach .
Jalal = injih buk monggo sak kerso . Dalem mlebet rumiyin buk .
Bu nyai = ( hanya mengangguk sambil tersenyum )
Sedangkan , husna azkia hanya bisa tertegun memperhatikan gus jalal dari jarak yg agak jauh , dia pun hanya bisa berkata dalam hati
Husna = ( ya alloh guseee . Tak pernah melihat keindahan bintang maupun arakan awan yg berjajar menghias langit . Pandangan mu hanya tertuju pada bumi yg akan engkau pijak .owalah ,pantesan ayu ningrum kesemsem . Lha wong pertingkahe jian bagus tenan kok ) .
Bu nyai = mbak husna.
Husna = ( cuma diem ) .
Bu nyai = mbak husna.
Husna = injih2 buk .
Bu nyai = lha kok malah nglamun tho . Mikirin apa ???
Husna = mboten kok buk ( sambil tersenyum ) .
Bu nyai = ya sudah ,ini ketannya . Terus ,tolong bilang sama ayu ningrum .mulai besok ayu ningrum juga bantu2 ibuk di dapur yach .gak usah malu2 lagi . Wong dapure ada di sebelah rumah . Juga ada pintu sampingnya .jadi ,kalau ke dapur khan gak perlu lewat rumah tho .jadi gak usah malu2 lagi .
Husna = injih buk , matur nembah nuwun
Bu nyai = ya sudah , kalau begitu . Ibuk mau masuk dulu .
Husna = injih buk ,nderek aken ( sambil mencium tangan bu nyai nurifatul afifah )
Sedangkan ,di dalam rumah gus jalal sedang sibuk membuatkan kopi sama teh hangat . Dan romo kyai zidnan ali juga tak mau kalah . Menyiapkan piring , baskom berisi air . Saat ,bu nyai memasuki ruang makan pun kaget . Lho ,kok udah siap semua tho .
Jalal = itu abah buk yg nyiapin ini semua .
Yai zidnan = yo sekali kali nyenengke ibu mu tho bagus .
Bu nyai = ( hanya tersenyum ).
Setelah itu , makanlah keluarga kecil itu .sesudah makan . Romo kyai pun dawuh .
Yai zidnan= bagus , tolong bawakan kopine abah ke ruang tamu . Abah juga mau bicara sesuatu sama kamu nak.
Jalal = injih bah . Terus , teh ipun ibuk dos pundi niki ?
Bu nyai = biar ibuk yg bawa sendiri bagus .
Jalal = gak usah buk , biar bagus saja yg bawakan sekalian .
Lalu jalalpun mengambil lengser .dan berjalanlah gus jalal mengikuti ramanda & ibundanya sambil membawa 2 cangkir kopi sama 1 gelas teh hangat .
Yai zidnan = bagus ,ada hal yg mau abah sampaikan sama kamu gus .
Jalal = iya bah .memangnya ada masalah apa tho bah ?
Yai zidnan = ( menghela nafas panjang ) . Kamu khan sudah besar tho nak . Apa gak punya pandangan calon ibuk buwat calon anak2 mu kelak tho ?
Jalal = ( hanya tersenyum ) .
Yai zidnan = abah dan ibuk mu juga sudah rembugan bagus . Kalau kamu mau , arep tak olehke sama ponakannya romo kyai zamrozi baqir .
Bu nyai = iya bagus . Baik kok anaknya ,pinter . Cuma ya agak pemalu.
Jalal = ( mak deg ) .nyuwun dalem sewu bah . Mbok bilih angsal anggen kulo matur . Nopo ,mboten langkung saene tetepangan rumiyin tho bah ?
Yai zidnan = lha mosok gak percoyo pilihane abah tho nak ? Kok harus kenalan dulu ( sambil tersenyum )
Jalal = bukannya gak percaya dengan pilihannya abah . Cumaaaa...bagus kwatir, nanti malah ponakannya romo kyai zamrozi baqir yg gak mau sama saya bah .
Yai zidnan = teruuuusss ???
Jalal = kalau menurut bagus , Sebaiknya tetepungan rumiyin bah . Apa dia mau nerima bagus yg cuma seperti ini .
Yai zidnan = ( sambil tersenyum ) gimana buk ?
Bu nyai = kalau ibuk itu monggo sakerso kemawon bah .yg penting , itu baik untuk bagus .
Astaghfirullohal 'adzim .....gus jalal pun kaget sambil menepuk jidatnya .
Bu nyai = ada apa naaak ?
Jalal = dalem supe buk .
Yai zidnan ali = emangnya lupa masalah apa bagus ?
Jalal = tadi .ortune nabila titip salam dumateng abah kaliyan ibuk .
Yai zidnan ali + bu nyai = wa'alaikum salam .
Yai zidnan = nabila iku siapa gus ?
Jalal = meniko putri nipun romo kyai hamam muhammad . Terose yai hamam , tasih rencange abah pas mondok di ponpese yai idris .
Yai zidnan ali = hamam hamam hamam ( sambil mengingat ingat )
Jalal = injih yai hamam .
Yai zidnan ali = hamam kriwul tho ?
Bu nyai = ( sambil menepuk lengan kyai zidnan ali ) abah niku lho . Mboten pareng sanjang kados ngateniku.
Jalal = mboten bah , rekmone mboten kriwul niku .
Yai zidnan ali = dulu , kalau nyantri di pompese kyai idris .sing angel nyantole ,sering ngadek wayahe setoran .di juluki santri kriwul .bukan rambute sing kriwul .tetapi otaknya mbuuuuulet , rengget rengget angel di ajak mikir . Tetapi ,kok yo alhamdulillah iso jadi kyai .
Bu nyai = yo alhamdulillah tho bah .saged dados kyai . Gadah pondok njihan .
Yai zidnan ali = ngerti kayak gitu . Tadi jenguk bareng2 sama abah tho bagus bagus .
Jalal = ( hanya tersenyum )
Yai zidnan ali = lha terus ,ini gimana bagus ?? masalah ponakannya yai zamrozi baqir ??
Jalal = ya di kenalkan dulu tho bah . Kwatire mangke kecewa setelah ketemu sama bagus ( sambil tersenyum ) .
Yai zidnan ali = bune , tolong panggilkan ayu ningrum . Abah mau tanya langsung sama ayu ningrum . Kira2 gimana tanggapannya tentang bagus cilik . Umpomo tak pek mantu purun nopo gelem ?
Jalal = lho ,nken riyin tho bah . Kok ayu ningrum niku lho . Sanjange wau keponakane yai zamrozi baqir .
Yai zidnan ali = lho ,ayu ningrum khan ancene keponakannya yai zamrozi baqir tho gus . Lha mosok bertahun tahun kamu gak tau ? Hadeeeeehhhhhh
Jalal = lho...lho ...lho ....( tolah toleh )
Bu nyai = itu khan niru abahe tho .
Yai zidnan ali = niru gimana ?
Bu nyai = abah dulu pas ngajar di kelas ku . Selama 2.5 tahun , Abah juga gak tahu nama aku siapa . Jangankan nama , kalau aku ini salah satu muridnya abah khan , abah juga gak tau kok.
Yai zidnan ali = lho , khan dulu abah lebih konsen ke pelajaran tho buk . Mripate ora penderangan . niat ku iku mung mulang , ora mentelengi wedok an.
********************
Sedangkan ,di kamarnya husna azkia .
Husna = mbak ningrum , mau ketan special nggak mbak .
Ningrum = wah ,kebeneran mbak . Mumpung aku lagi lapar .
Husna = ini kamu satu ,aku satu.
Ningrum = suwun njih mbak ( sambil membuka bungkusnya ) .ngomong2 , ini ketan beli dimana mbak ?
Husna = hmmmm, tadi di kasih bu nyai .
Ningrum = bu nyai baik ya mbak ?
Husna = iya ,baik . Tetapi, ini sebenarnya gus jalal yg belikan kok . untuk kita .
Ningrum = ( ketika ketan sudah di puluk . Dan sudah membuka mulutnya,mau di makan. Tiba2 ketan itu di kembalikan lagi . Dan di bungkus dengan rapi seperti sedia kala )
Husna = lho ,kenapa mbak ningrum ? Emang gak suka ketan ? Apa kamu lagi sakit ?
Ningrum = ( cuma geleng2 sambil matanya mulai berkaca kaca )
Husna = cerita donk mbak . Ada apa ?
Ningrum = ( cuma menunduk dan air matanya mulai meleleh basahi pipi lembutnya )
Husna = (mendekati ayu ningrum . Lalu memeluk sahabatnya ) .iya sudah ,kalau gak mau cerita ..jangan nangis yaaach.
Ningrum = guseeeee.
Husna = emang gus jalal nyakitin kamu ? ( sambil melepas pelukannya)
Ningrum = ( cuma geleng2 saja ).
Husna = emang kenapa dengan guse tho mbak ? Dulu katanya sayang ,cinta sama guse. Bahkan,engkau selalu menyebut namanya dalam lantunan do'a2 mu .
Ningrum = aku gak pantes kagem guse mbak .
Husna = siapa yg bilang ? Hah .siapa yg bilang itu ?
Ningrum = aku ini gak punya apa2 mbak . Aku ini bukan orang berada mbak .
Husna = khan masih bisa mondok dan kuliah di STAI sini tho mbak . Masa depan gak ada yg tahu mbak ningrum.
Ningrum = aku bisa mondok dan kuliah di sini karena belas kasihan romo kyai mbak .
Husna = Maksudnya ?
Ningrum = semua biaya pondok ,kitab , seragam , buku2 pelajaran . Bahkan keperluanku sehari hari . Semuanya di tanggung oleh romo yai mbak.
Husna = lho....kamu tahu dari mana mbak ?
Ningrum = minggu kemaren .pakdhe pas jenguk aku ,pakdhe cerita semuanya masalah itu . Beliau ,mewanti wanti ,jangan sampek mengecewakan romo kyai .
Husna = bentar dulu tho .katanya pengurus2 pondok . Biaya semua itu sudah di tanggung oleh keluarga ne jenengan mbak. Jadi ,setiap bulan .keluarga mu langsung transfer ke romo kyai zidnan ali . Untuk biaya pondok dll.
Ningrum = mboten kok mbak .
Husna = berarti romo kyai zidnan ali . Bohongin pengurus2 selama ini donk mbak .
Ningrum = iya mbak . Romo yai selalu bilang , bahwa biaya keperluan ayu ningrum , semuanya sudah di tranfer ke romo kyai langsung . Itu ,supaya santri2 yg lain tidak mengejek atau merendahkan aku mbak.
Husna = terus ,ayah dan ibu mu .
Ningrum = mereka sudah tiada sejak aku masih berumur 5 tahun mbak.
Husna = ya alloh ( sambil merangkul sahabatnya ) yg sabar njih mbak .
Ningrum = ( mengangguk pelan ) injih mbak husna .
Husna = iya sudah kalau begitu...mbak ningrum senyum njih ...
Ningrum = ( memaksa untuk tersenyum di sela2 sesenggukan tangisnya ).
Husna = teruuuussss , gimana dengan guse mbak ?
Ningrum = aku belajar untuk tak berharap mbak .
Husna = lho kok gitu ??
Ningrum = perbedaan kita terlalu besar untuk bisa di satukan .
Jarak kita terlampau jauh untuk mampu ku tempuh.
Aku ini apa tho mbak.
Hanya laksana percikan api.
Yg bisa terpadam oleh setetes air.
Cahya ku tak beri terang .
Tetapi ,keberadaan ku malah bisa menyakitkan.
Aku sadar diri dan cukup tau diri kok mbak.
Bersambung

COMMENTS

Name

BANDONGAN,39,FABEL,17,HIKAYAT,34,Impresi,9,Kajian,13,Maklumat,10,Ngaji Jumat,21,PUISI,126,Risalah,7,SOROGAN,177,
ltr
item
wacanbuku: Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta # 16
Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta # 16
Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta # 16
https://1.bp.blogspot.com/-ur-PyZbeMJg/XIUnyXoDu8I/AAAAAAAAKfg/qgbpyDAEgYAvuuJ1_Whz3xtcIDusSROewCLcBGAs/s320/TELEMMGLPICT000129819544-xlarge_trans_NvBQzQNjv4BqtsoiRVyuFpt8G05m6lay9_hS7T6b0WMc8oObiASvqYk.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-ur-PyZbeMJg/XIUnyXoDu8I/AAAAAAAAKfg/qgbpyDAEgYAvuuJ1_Whz3xtcIDusSROewCLcBGAs/s72-c/TELEMMGLPICT000129819544-xlarge_trans_NvBQzQNjv4BqtsoiRVyuFpt8G05m6lay9_hS7T6b0WMc8oObiASvqYk.jpeg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2019/03/ketika-seorang-gus-ketikung-cinta-16.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2019/03/ketika-seorang-gus-ketikung-cinta-16.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy