'cookieChoices = {};'

Di Balik Kata Kepo dan Lebay

Di Balik Kata Kepo dan Lebay

Gambar : kumd.org

Ditengah malam yang dingin menusuk separuh tulang igaku. Dan di temani dengan secangkir kopi dan rokok kesukaanku, Surya  12.  Malam ini aku sedang berbalas chat dengan salah seorang teman wanita yang kuliah di salah satu Univeraitas di Yogjakarta.

Disela-sela perbincangan kita.  Ada celetukan chat yang membuat hatiku terganjal atas penyampaiannya. Begini isi chatnya..

Aku :  lagi apa sekarang tiiiiiiittt ?? (disensor).

Temanku :  Youtube an.  Jawabnya dengan sepatah kata.

Lalu aku bertanya kembali kepada temanku.

Aku :  Youtube an apa tiiiiitt ?? (Sensor lagi).

Lalu dia menjawab entah ini dengan nada sengak.

Temanku :  Kepo..

Sejenak aku berfikir dengan kata asing itu. Karena aku tak paham dengan makna yang tersimpan di dalam kata tersebut, akhirnya aku memutuskan untuk mencari tahu ke saudara jauhku yaitu Mbah Google. Tak disangka makna kepo tersebut memiliki makna yang begitu sukar untuk dinaifkan. Yang secara tidak langsung kita lakukan sehari-hari.

Dirasa cukup data untuk memulai percakapan kembali, akupun memutuskan untuk menyambung kembali pecakapan yang sempat  putus sekitar 3 menit yang lalu.

Aku :  memangnya kepo itu apa? Akupun menanyakan kepada dia selaku yang bertanggung jawab atas tulisannya.

Temanku : Pokoknya itu gak baik mas.

Akupun semakin bingung dengan pernyataan dia yang seolah menghakimi kepo itu tidak baik. Dengan sedikit cemas banyak rindunya akupun menanyakan kembali sisi buruk dari kepo itu apa.

Aku : Laa, gak baiknya itu seperti apa ? Pasti ada alasannya?

Temanku :  Pokonya gak baik!

Setelah dirasa cukup untuk mengulik perkara kepo.  Akupun memutuskan untuk mengganti topik percakapan supaya tidak menimbulkan perkara yang berkelanjutan seperti halnya politik saat ini yang kian hari kian memanas.

Aku :  Besok kuliah jam berapa?  Ku alihkan topik supaya dia tidak bosan dengan chat malam ini.

3 menit kemudian. 10 menit kemudian. 1 jam kemudian. Dia sudah terlelap bersama dengan angan-angan yang indah dan mimpi-mimpi setelah lulus kuliah. Tetapi dalam hatiku masih mengganjal terkait kata kepo tersebut. Akupun berfikir keras sekeras hatimu.  And than, akupun menyimpulkan percakapan malam ini dengan sebuah analisis sederhana. Mari kita simak penjelasannya.

Tidak habis  fikir dengan pola pikir pemuda jaman sekarang. Ada seseorang ingin bertanya atau ingin tau di sangka kepo.  Ada seseorang yang ngomong bijak dianggap lebay.  Lalu harus dengan interaksi yang seperti apa supaya tidak diklaim seperti yang di atas ?

Padahal dalam hubungan interaksi sosial yang nyata, kepo dan lebay itulah yg sebenarnya menjadi kunci supaya kita bisa secepatnya beradaptasi di masyarakat. Begitupun juga dengan hubungan keluarga ataupun relationship.  Bahkan, ta'aruf pun memerlukan itu.

Jadi, kepo itu bukan suatu kejahatan ataupun sebuah sikap yang negatif. Seseorang yang menilai kita kepo atau lebay itu sebenarnya adalah orang yang ingin di perhatikan lebih, karena ada sisi dimana dia ingin dimengerti layaknya dia dimengerti oleh orang tuanya.

 Farih Ihdal umam (Ketua Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Jawa Timur Daerah Istimewa Yogyakarta)

COMMENTS

Name

BANDONGAN,36,FABEL,17,HIKAYAT,32,Impresi,9,Kajian,11,Maklumat,10,Ngaji Jumat,19,PUISI,92,Risalah,6,SOROGAN,141,
ltr
item
wacanbuku: Di Balik Kata Kepo dan Lebay
Di Balik Kata Kepo dan Lebay
Di Balik Kata Kepo dan Lebay
https://3.bp.blogspot.com/-IWi2APwYwiw/XETkUyqjR-I/AAAAAAAAKa4/C6LlEWuwxnQrqC0ydsnFlhw95qTGq309gCLcBGAs/s320/Greeks-Illustration-009.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-IWi2APwYwiw/XETkUyqjR-I/AAAAAAAAKa4/C6LlEWuwxnQrqC0ydsnFlhw95qTGq309gCLcBGAs/s72-c/Greeks-Illustration-009.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2019/01/kepo-dan-lebay-adalah-kunci-harmonis.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2019/01/kepo-dan-lebay-adalah-kunci-harmonis.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy