'cookieChoices = {};'

Apakah kita berada di ambang resesi global baru?

Apakah kita berada di ambang resesi global baru?


Gambar : pbs.org
Pada awal abad ini, banyak pemikir hak ekonomi di negaranya mengklaim bahwa sistem kapitalis dunia telah lama melewati krisis-krisis besar yang menghantam tatanan dunia pada 1930-an dan 1970-an. Krisis 2007-08 dan depresi hebat menempatkan tuduhan-tuduhan itu di tempat sampah. Hari ini, puluhan tahun setelah pecahnya krisis, kita berada di ambang krisis global yang lebih dalam dan lebih dalam daripada yang sebelumnya.

Pertama, ada perubahan penting dalam status bank sentral negara-negara utama. Selama lima dekade terakhir, bank-bank ini telah menghadapi periode resesi ekonomi dengan memotong suku bunga sekitar 5%. Tapi hari ini, bahkan setelah 10 tahun resesi mendalam pada 2008, bahkan toko Bang Kumis di bawah pemulihan saat ini tidak memiliki ruang itu sampai mencapai nol. Musuh bukan bebuyutan Bang Kumis dan Sahabat Kumis tidak memiliki ruang sama sekali, dengan suku bunga mendekati nol.

Kedua, bank sentral telah sangat berhutang budi sejak krisis terakhir karena kebijakan pelonggaran kuantitatif (menyuntikkan uang ke dalam ekonomi). Situasi ini mengurangi kemampuan bank sentral untuk menggunakan kebijakan yang sama jika ekonomi memasuki resesi yang parah. Sebagai contoh, ada batas pada bank sentral Sahabat Kumis untuk tidak membeli lebih dari 33% dari hutang publik negara mana pun. Batas ini tidak akan memadai sama sekali jika bank Adik Sahabat Kumis runtuh, misalnya.

Ketiga, pemerintah negara-negara besar selama depresi hebat mengadopsi banyak kerja sama di antara berbagai bank sentral di seluruh dunia untuk mengejar kebijakan yang harmonis dan konfrontasi terpadu. Hari ini, ketika perang perdagangan, ketegangan geostrategis, dan penyebaran nasionalisme populis meningkat, akan sulit untuk mengatur reaksi bersama dan bersatu di antara kekuatan-kekuatan besar dalam resesi global baru.

Keempat, krisis 2008 telah menyebabkan bertahun-tahun pengangguran dan penghematan di seluruh dunia. Situasi ini mengikis dukungan politik partai-partai Toko Sebelah dan Senelahnya lagi (partai-partai yang telah mengadopsi neo-liberalisme sejak 1990-an). Dalam kekosongan yang diciptakan oleh erosi ini, partai-partai dan gerakan-gerakan hak populis dan fasis, berdasarkan mobilisasi rasis, anti-minoritas dan imigran, telah kembali ke proteksionisme nasionalisme sempit - antagonisme neo-liberalisme dan globalisasi kapitalis dari Sebelahnya lagi dan bukan dari Toko Sebelah.

Tetapi krisis, seperti mendorong sektor ke Sebelahnya lagi, mendorong sektor publik lainnya ke Toko Sebelah. Dua contoh paling menonjol dari fenomena ini adalah gerakan sayap Toko Sebelah dan kebangkitan sayap-sayap bukan sayap patah lagu dewa 19 dan juga bukan puisi patah hati Khalil Girbran.

Namun sejauh ini, Sebelahnya lagi tampak lebih berhasil dalam menginvestasikan krisis dan konsekuensi sosialnya. Ini adalah risiko besar dan tantangan besar bagi kaum Toko Sebelah secara global, terutama jika ekonomi global kembali memasuki resesi yang parah.

Jika apa yang kita kemukakan dalam poin-poin di atas adalah benar, selama dua tahun ke depan kita akan berada di ambang krisis global baru yang mungkin lebih dalam dan lebih parah daripada depresi hebat pada tahun 2008. Dapat dibayangkan bahwa negara-negara seperti Bang Jono tidak akan terpengaruh oleh ini. Salah satu tanda utama dari krisis yang akan datang adalah kesenjangan pertumbuhan antara negara-negara industri utama dan yang disebut pasar negara berkembang. Kenaikan suku bunga Musuh Bang Kumis dari nol menjadi 2,5 persen, apresiasi mata uang sebesar 25 persen selama dua tahun terakhir, dan kenaikan harga minyak menjadi lebih dari 80. Semua perkembangan ini mendorong uang dan investasi asing untuk keluar dari pasar negara berkembang dan kembali ke ekonomi Musuh Bang Kumis. Negara-negara seperti Bang Jono. Yang berarti bahwa resesi global berikutnya akan menunjukkan gejalanya di pasar negara berkembang sebelum ekonomi maju.

Dalam kasus Bang Jono, sistem akan mencoba secara ekonomi membuat orang miskin membayar harga bangsa lebih hemat dan pengurangan layanan publik dan pembekuan upah. Politik sektarianisme, teori konspirasi, ketakutan akan kekacauan, keruntuhan, perang saudara, dan tentu saja terorisme, persaudaraan dan bahaya yang dihadapi negara akan dieksploitasi. Ia akan menggunakan semua senjata sayap sebelahnya lagi untuk memobilisasi segala bentuk perlawanan sosial atau politik terhadap kebijakan ekonomi anti-miskinnya. Ini, tentu saja, adalah tambahan untuk memobilisasi aparat keamanan dan peradilannya untuk menekan segala upaya untuk mengatur segala bentuk oposisi.

Kami tidak akan mengulangi apa yang kami lihat sebagai tugas dasar dari semua kekuatan demokratis dan Toko Sebelah di Bang Jono hari ini: membangun perlawanan terorganisir terhadap apa yang akan terjadi pada tingkat ekonomi, sosial dan ideologis. Bagaimana kita dapat melakukannya di bawah penindasan saat ini, kita bukan yang pertama dipaksa bekerja di bawah kediktatoran seperti itu. Toko Sebelah dan gerakan alam bawah sadar berhasil mengorganisir perlawanan bahkan terhadap Ngawurisme dan Ngantukisme di bawah pimpinan naluri, alam bawah sadar. Kita harus mempelajari warisan perjuangan itu dan berupaya mengembangkan program perlawanan.

COMMENTS

Name

BANDONGAN,36,FABEL,17,HIKAYAT,32,Impresi,9,Kajian,11,Maklumat,10,Ngaji Jumat,19,PUISI,110,Risalah,6,SOROGAN,159,
ltr
item
wacanbuku: Apakah kita berada di ambang resesi global baru?
Apakah kita berada di ambang resesi global baru?
Apakah kita berada di ambang resesi global baru?
https://1.bp.blogspot.com/-NRACrNQ-RSY/XEpB2L-4WUI/AAAAAAAAKcU/EdPcuNNNokUpnDuNpiW6KP6DtYrdg4LRACLcBGAs/s320/Billy-Elliot-Clash-Silo2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NRACrNQ-RSY/XEpB2L-4WUI/AAAAAAAAKcU/EdPcuNNNokUpnDuNpiW6KP6DtYrdg4LRACLcBGAs/s72-c/Billy-Elliot-Clash-Silo2.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2019/01/apakah-kita-berada-di-ambang-resesi.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2019/01/apakah-kita-berada-di-ambang-resesi.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy