'cookieChoices = {};'

Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #5

Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #5


Gambar : http://blogs.bl.uk


Gus Jalalpun  berpisah dengan gus Umam di persimpangan. Akhirnya gus jalalpun pulang ke  pondoknya sendiri. Memasuki gerbang ponpes dan langsung menuju rumahnya.

 Di depan pintu , gus Jalalpun mengucap salam... “assalam mu'aikum”    ...”wa'alaikum salam warohmatulloh...” terdengar suara merdu dari dalam  rumah, dan ternyata itu adalah suara ibundanya gus jalal, bu nyai  Nurifatul Afifah.setelah menjabat tangan dan mencium tangan  ibundanya. Gus Jalalpun bertanya.

Jalal = abah teng pundi buu?

Bu nyai = abah mu di ajak yai faqih ke pekalongan bagus.kok tumben nanyain abah?

Jalal = mboten nopo2 ibu,lha jadi kyai iku gak enak ya buu?

Bu nyai = huuuusssttt,mboten pareng sanjang kados ngaten bagus cilik.

 Jalal = kyai,ngurusi santri,ngurusi umat,sampek anak e lan garwone  mboten kaurusan ..lha terus,ingkang ngurusi kyai2 niku lho sinten tho  bu?

Bu nyai =  iku wes konsekuensi ne tho bagus,seperti ibu mu  ini ya harus sabar dan juga gak boleh terlalu menuntut sama abah mu.abah  mu juga sudah  banyak urusane.
 (Ucap bu nyai nurifatul afifah sambil mendekap putra kesayangannya)

Jalal = mugi2 barokah sedoyone bu.

Bu nyai = amin ya robbal 'alamin.
 Bagus,sampun maem dereng?

Jalal = dereng maem bu,mau mandi dulu.habis itu mau asharan dulu bu.

Sehabis sholat ashar  gus jalal pun bergegas menuju ruang tamunya. Yg  hanya beralaskan karpet tanpa meja kursi. Dia mendapati ibundanya yg  sedang muroja'ah.

 Pas bu nyai afifah membaca ayat
........  يَعْتَذِرُوْنَ اِلَيْكُمْ اِذَا رَجَعْتُمْ اِلَيْهِمْ  
Wah,juz sebelas ini .nyimak aaahhhh....” lalu gus jalalpun seperti  kebiasaannya kalau lagi di rumah jika bu nyai lagi murojaah. Maka , gus  jalal akan tiduran dekat ibundanya sambil bantalan kaki/betis   ibundanya. Lalu dengan mata terpejam, gus jalal menikmati senadung  keagungan kalamulloh, yg di senandungkan oleh ibundanya..... tetapi tiba2  ,,,,tubuhnya  bergetar hebat ketika ibundanya sampai pada ayat 
 لَـقَدْ جَآءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ  عَلَيْهِ مَا  عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ  رَّحِيْمٌ
 Tiba2,,, gus jalal berteriak  dengan kerasnya "  ya rosulallooooooh “ .teriakan gus jalal ini ,akhirnya membuat bu nyai mengakhiri   murojaahnya dengan ucapan shodaqollohul 'adhim.lalu,dengan agak  terheran,bu nyai pun bertanya

Bu nyai = baguuus,ada apa nak?

Jalal = mboten wonten menopo2 ibu.

Bu nyai = rosululloh kenapa nak?

Jalal = mboten .....mboten wonten menopo2 kok ibu.

Bu nyai = lho,,,,kok ...badan kamu gemeteran begitu,kamu sakit ya nak?
Jalal = mboten ibu ,dalem cuma luwe. 

Bu nyai = yowes,tak ambilkan maem dulu.

Jalal = dulang njih bu.

Bu nyai = wes gede kok minta dulang buk e tho nak nak.

 Lhak besok2 kalau ibu udah tiada.terus bagus minta dulang siapa?

Jalal = ampun sanjang ngaten tho buk.

 Bu nyai = mangkane dang di khatam ke qur'ane.dang ngaji sing  tenanan.dang nikah.biar gak manja sama ibuk e wae...gus gus...masak  mondok kok pindah2 terus tho bagus cilik bagus cilik.

Jalal = he he he 

Malam itu, Setelah  buyaran kajian kitab tafsir munir.gus jalal pun  mencari sahabatnya Khoirun Ni'am atau biasa di panggil blawonk.akhirnya  ketemulah blawonk di depan,gothak an.

Jalal = wonk,blawonk.

Ni'am = injih gus,wonten nopo ?

Jalal = melok aku,ojo lali buat kopi 1 teko.tak tunggu di tempat biasae yo.

Ni'am = ?????  (waduh,alamat melekan iki.)

Jalal = sini2 wonk,aku arep curhat.

Ni'am = curhat nopo gus?

 Jalal = misalnya , kamu di suruh antar surat cintanya  kang ilham buat  mbak ningrum.terus ternyata mbak ningrum jatuh cintanya sama kamu bukan  sama kang ilham.dan sebenernya kamu juga ada rasa yg sama dengan ningrum  selama ini.terus,kira2 bagaimana sikap kamu wonk.
(Sambil tepuk jidat dan geleng2 kang ni'am pun menjawab)

Ni'am = wes gawat2 ...ruwet2 gus.gak bisa ngapa2in aku.

Jalal = yowes ora usah misalnya...ternyata  , ayu ningrum cinta tenanan nuw piye?

 Ni'am = biyuh biyuh.ojo baperi aku gus.ayu ningrum itu primadona ne  santri putri pondok mriki gus.ora pantes kangge kulo,pantese malah kaleh  jenengan gus.

Jalal = aku khan cuma bilang misalnya tho tadi  woooonk.

Ni'am = tapi di hati kroso sengkring gus.

Jalal = ha ha ha.
 (Lalu gus jalalpun menceritakan kejadian siang tadi ke  sahabatnya.antara dirinya ,gus umam dan nabila .kang ni'am cuma  mlongo,dlongop dan godeg2 saja)

Jalal = piye wonk?

Ni'am = wes gawat2...ruwet2 gus.sampek ora nutut pikir ku.

Jalal = lha aku kudu piye wonk????

 Ni'am = wes gini aja gus, mending sama ayu ningrum mawon tho gus ? Aku  lebih setuju dan menurut ku yo cocok lah gus kaliyan jenengan.

  Ayu  ningrum niku piyantune Uuuuuuuuayu nothok puol,puinter,puasa senin kemis  istiqomah,tahajude mudawamah.juara 1 lomba qiro'ah ,juara bertahan  lomba kajian kitab kuning.
 Wes tho,jenengan maturo abahe,wes tho.... lancar2...beres2....jenengan tinggal blunas blunus thok pokok e

Jalal = mbok mbok mbok,sampek sakmono anggon mu nyelidiki.
 Ha ha ha

  Ngene lho wonk,ayu ningrum iku wes tak istiqorohi,wes tak takoke yai  mansur lan romo yai imam rofi 'i.jarene kok ora gathuk i wonk ?

Ni'am = lho,istiqoroh iku di saat kita mau mengenal,pas berkenalan,atau sudah ada hubungan tho gus sae ne.

 Jalal = kalau menurut aku/menurut tafsiran saya, ya pas kita mau  mengenal lebih dekat di istiqorohi dulu.jare nihayah iku gumantung  bidayahe tho wonk.

Ni'am = terus ,kalau neng nabila itu gimana gus?

 Jalal = kalau soal cantik,lebih cantikan ayu ningrum wonk,cumaaaaaa,  aku merasakan ada hal yg istimewa tersembunyi pada diri nabila.tetapi,yo  arep tak takoke disik dumateng romo yai imam rofi'i.soale minggu depan  aku arep balik menyang pondok wonk.

Ni'am = lha iyo,kyai2 iku kok lucu2 gus.mosok putrone kiyambak malah di pondok ne adoh2,bukan malah di pondoknya sendiri

 Jalal = mungkin biar gak gemagus dan lebih dewasa serta bijak dalam  menyikapi hidup ini.   terkadang, orang hanya tua dengan umur tetapi  kanak2 dalam penyikapan.

Ni'am = injih gus..

Jalal =  yoweslah,ojo crito sopo2 masalah iki mau.  awas crito.tak pedhot anu  mu.saiki pijetono aku wonk.karo  bukaen fb mu.tak injenge,neng nabila  lagi lapo.gawe hp  ku wae yo.soale,aku reti hp mu mbok singgah ne tho.

Ni'am =  biyuh,ancamane beraaaattt.injih gus,nderek aken.gus,neng nabila tak add e dulu yo .belum berteman iki.

Jalal = ok,di tunggu karo udud kang.ojo lali kopi ne gowo rene wonk.

Ni'am = gus gus... ,sampun di comfir.tak delok e setatuse.....wuiiiiih puitis banget gus statuse.ini kata2 setatusnya.

    Tiada kata seindah do'a.
     Tiada rasa semanis cinta.
     Tiada sapa seanggun senyum.
     Tiada suara semerdu lagu.
     Tiada kebahagiaan ku tanpa diri mu.

    Seandainya engkau tahu.
     Setiap keindahan kata2 ku.
     Ku tulis hanya untuk mu.

    Seandainya engkau mengerti.
     bait2 puisi ku adalah luapan isi hati.

    Seandainya jiwa mu tersentuh.
     Tanpa mu aku begitu rapuh.

    menjerit.
     Tetapi tak terasa sakit.
     Apakah rindu ini yg semakin menghimpit.

    Pejam.
     Tetapi yg ku lihat hanya kelam.
     Apakah rasa sayang ini yg teramat dalam.

    Engkau.
     Serasa di sini.
     Tetapi tak kuasa ku sentuh jari.
     Apakah aku sedang bermimpi.

    Resah.
     Tetapi tak terasa gelisah.
     Apakah mencintai mu itu salah.

    Penat.
     Saat cinta tak kunjung jawab.
     Apakah aku yg terlalu berharap.

    Meski lelah.
     Ku coba menunggu.
     Saat senyum mu hiasi hari.
     Saat wajah mu tergambar dalam bingkai hati.

    Bilakah kasih ini mulai bicara.
     Ku berharap sebuah keajaiban cinta.
     Menyatukan kita sampai ke syurga.

Ni'am = komentari gak gus?

Jalal = komentarono ngene 

" Aku bukanlah orang yang bijak.
 sebijak Abu bakar as shidhiq.
 Ujung tombaknya bani tamim.
Aku bukanlah orang yang tangguh & faruq.
 Seperti Umar bin khotthob.
 Singa padang pasirnya bani adi.
Aku bukanlah milyader yg lemah lembut dan tawadhu'.
 Seperti Usman bin affan.
 Taj mahalnya Bani Umaiyah.
Aku juga bukanlah orang gentle & 'alim.
 Seperti Ali bin abi tholib.
 Ksatria bani hasyim.
Aku hanya orang biasa.
 Yg mengharapkanmu.
 Jadi penyempurna hidup ku.

Ni'am = gus gus ,di inbox gus.

Jalal = apa katanya?

Ni'am = katanya "ini sinten njih,kok kata2 e  mirip dengan orang yg sangat aku kenal ".
 Balesi mboten gus?

Jalal = wes gak usah wonk.

 Ni'am = gus.... gus ...iki ada yg komentarin lg gus.nama akunnya  zulfaqor dia bilang "yg sabar yach neng ,alloh tau yg terbaik untuk mu  ".

 Picprofe ,gawe photo kitab irsyadul ikhwan gus,,,,syech ihsan dahlan al  jampesi kediri.

Jalal = sampul kitab bagian duwur ada tulisan kaligrafine gak ??? pake' pensil??

Ni'am = injih gus ,kok tahu?

 Jalal = ooooowh iku gus umam,soale iku mirip kitabe gus umam sak reti  ku...yoweslah,tutupen fb mu.matikan hp ne,marilah kita nikmati hidup  ini.setidak e masih bersama dengan udud dan secangkir kopi.

Ni'am  = gus,aku punya solusi.kasus mu mirip dengan kasuse tamune abahe  kapanane.pas,jenengan tasih mondok tenggene mbah yai imam rofi'i.

Jalal = kasus opo iku wonk?

 Ni'am = kasuse ngene "ada 2 orang suami istri ,datang kesini.minta  solusi abahe.masalahe istrine iki sering di goda sama misanan/ sepupu  suamine ini.jadi istilahe,nyenengi bojone uwong.

 Lha...Istri ne iki  gak punya perasaan apa2 sama sekali dengan sepupu suamine itu,dia malah  merasa terganggu .risih2 gus maksud e.

Jalal = terus abah sanjang nopo mawon ? 

Ni'am = abahe jenengan, romo yai zidnan ali sanjaaaang.

 Sik gus,tak udud disik.gak enak cerito jika gak sama rokokan.

BERSAMBUNG..

 Oleh : Ma'ruf Wibowo

COMMENTS

Name

BANDONGAN,36,FABEL,17,HIKAYAT,32,Impresi,9,Kajian,11,Maklumat,10,Ngaji Jumat,19,PUISI,92,Risalah,6,SOROGAN,141,
ltr
item
wacanbuku: Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #5
Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #5
Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #5
https://3.bp.blogspot.com/-M-aJSVeIWA4/W2fAWNa7H0I/AAAAAAAAKOc/ytAmWRmso2kPeJhK6sQ29uJIqqTOLXudwCLcBGAs/s320/6a00d8341c464853ef01b7c885ed92970b-800wi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-M-aJSVeIWA4/W2fAWNa7H0I/AAAAAAAAKOc/ytAmWRmso2kPeJhK6sQ29uJIqqTOLXudwCLcBGAs/s72-c/6a00d8341c464853ef01b7c885ed92970b-800wi.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2018/08/ketika-seorang-gus-ketikung-cinta.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2018/08/ketika-seorang-gus-ketikung-cinta.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy