'cookieChoices = {};'

Mahasiswa Asal Jateng di Yogyakarta Minta TPS Istimewa

Mahasiswa Asal Jateng di Yogyakarta Minta TPS Istimewa

Yogyakarta - Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni mendatang, sejumlah mahasiswa asal Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang berkuliah di Yogyakarta meminta dibuatkan tempat pemungutan suara (TPS) istimewa.

“Perlu TPS istimewa karena ada ribuan mahasiswa dan warga Jawa Tengah di Yogyakarta yang perlu diperhatikan dan diakomodasi guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada Jateng,” ujar Koordinator Forum Mahasiswa Demokrasi (Formad) Jateng Amirudin, Kamis (7/6).

Menurut dia, dalam negara demokrasi semua masyarakat dimana saja berhak dan wajib untuk menyampaikan aspirasinya dalam menentukan siapa pemimpin yang akan memimpin daerahnya sehingga TPS istimewa merupakan hal yang sangat logis untuk diadakan di luar wilayah Jateng untuk mempermudah dalam menampung aspirasi.

Melanjuti hal tersebut, Formad Jateng akan melakukan aksi damai mewakili mahasiswa Jateng yang berkuliah di Yogyakarta pada Kamis (7/6) di titik nol kilometer pukul 15.00 WIB.

“Dalam aksi tersebut, kami menuntut KPU Jateng untuk terus meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pilkada Jateng dan terselenggaranya pilkada aman, jujur dan damai,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Amirudin mengatakan pihaknya juga menuntut dibuatnya regulasi yang khusus mengatur pengadaan TPS istimewa di Yogyakarta untuk mahasiswa asal daerah se-Indonesia agar mereka dapat menyuarakan hak pilihnya dalam Pilkada.

Sayang, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengonfirmasi bahwa sampai saat ini tuntutan pengadaan TPS istimewa belum dapat dikabulkan karena memang regulasinya belum memungkinkan.

“Agar dapat menggunakan hak pilih, teman-teman mahasiswa dan pelajar dapat pulang menggunakan hak pilihnya di mana yang bersangkutan terdaftar dalam data pemilih tetap (DPT) atau mengurus pindah memilih dan melaporkan kepada PPS di lokasi terdekat dengan Yogyakarta, misalnya di Klaten atau Magelang,” kata Joko.

Joko menegaskan syarat utama agar dapat menggunakan hak pilih adalah menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau surat keterangan.

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 tersebut diikuti dua pasang bakal calon yaitu Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar serta Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

COMMENTS

Name

BANDONGAN,34,FABEL,17,HIKAYAT,32,Impresi,9,Kajian,11,Maklumat,10,Ngaji Jumat,18,PUISI,92,Risalah,4,SOROGAN,141,
ltr
item
wacanbuku: Mahasiswa Asal Jateng di Yogyakarta Minta TPS Istimewa
Mahasiswa Asal Jateng di Yogyakarta Minta TPS Istimewa
Mahasiswa Asal Jateng di Yogyakarta Minta TPS Istimewa
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2018/06/mahasiswa-asal-jateng-di-yogyakarta.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2018/06/mahasiswa-asal-jateng-di-yogyakarta.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy