'cookieChoices = {};'

Kuli Tua Yang Malang

Kuli Tua Yang Malang

Gambar : render.fineartamerica.com


Dikisahkan, ada pasangan kaya mengadakan pesta tahun baru di rumah mereka. Jadi mereka pergi berbelanja ke pasar dengan biaya tinggi. Mereka ingin mempertahankan standar mereka sehingga tidak keberatan membayarnya. Setelah membeli semua yang mereka butuhkan, mereka memanggil kuli pengangkut barang untuk membawa hasil belanja mereka dan menaruh di rumah mereka. Kuli yang datang sudah tua, tidak terlihat sehat, bajunya robek, bahkan dia tampak seolah-olah tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Mereka bertanya tentang biaya pengiriman barang  ke rumah mereka. Kuli tua itu hanya mendapat Rp. 40.000 - Rp. 250.000, tergantung lokasi. Jauh di bawah harga pasar untuk mengirimkan barang-barang ke rumah pasangan itu dengan gerobaknya. Namun, pasangan itu berdebat dan tetap menawar terhadap kuli tua, hingga menetapkan harga . Kuli tua berjuang bahkan untuk makan. jadi dia membutuhkan apa pun yang bisa dia hasilkan.
Pasangan itu sangat senang, mereka tawar-menawar dengan kuli miskin dan membayarnya Rp. 15.000 di muka dan pergi setelah memberi kuli tua alamat mereka untuk pengiriman. Waktu berlalu, dua jam berlalu, tetapi kuli tua masih belum mengirimkan barang-barang mereka.

Istri pasangan itu mulai marah pada suaminya,

“Aku selalu menyuruh Anda untuk tidak mempercayai orang seperti itu, Anda tidak pernah mendengarkanku. Orang seperti itu yang bahkan tidak bisa memberi makan dirinya sendiri untuk sekali sehari, Anda menyerahkan semua yang kita beli. Aku yakin bukannya mengantarkan ke rumah kita, dia pasti menghilang kabur. Kita harus segera kembali ke pasar untuk menanyakan dan kemudian ke kantor polisi mengajukan pengaduan."

Mereka berdua pergi menuju pasar. Dalam perjalanan mereka di dekat pasar, mereka melihat kuli muda. Mereka menghentikannya untuk menanyakan tentang kuli tua dan memberi penjelasan bahwa kuli tua telah membawa barang-barang mereka. Istri yang marah itu bertanya kepadanya,

“Di mana si pencuri tua itu Membawa barang kita? Seharusnya dia mengantarkannya. Tampaknya ia memang pencuri miskin yang mencuri barang-barang kami, kemudian menjualnya."
Kuli muda menjawab,

“Nyonya, tenanglah. Orang tua malang itu sakit sejak bulan lalu. Dia tidak bisa menghasilkan cukup uang bahkan untuk sekali makan. Dia sedang dalam perjalanan untuk mengantarkan barang-barang Anda, tetapi dia yang lapar, sakit, tidak bisa mengumpulkan kekuatan untuk melangkah lebih jauh dalam panasnya siang."

Dia jatuh dan menyerahkan kepadaku uang Rp. 15. 000, katanya terhadapku,

"Saya telah mengambil uang muka untuk pengiriman ini, tolong Anda ambil ini dan antarkan sesuai alamat."

“Nyonya, dia lapar, dia miskin, tapi dia orang jujur. Saya baru saja menyelesaikan pengiriman orang tua itu ke rumah Anda." Kata kuli muda.

Setelah mendengar ini, sang suami meneteskan air mata dan sang istri merasa sangat malu, dia tidak memiliki keberanian untuk melihat ke arah mata suaminya.

COMMENTS

Name

Berita,9,CERPEN,23,Esai,4,FABEL,13,Kajian,8,Ngaji Jumat,9,Opini,6,PUISI,80,
ltr
item
wacanbuku: Kuli Tua Yang Malang
Kuli Tua Yang Malang
Kuli Tua Yang Malang
https://3.bp.blogspot.com/-xjyzHuZiOXc/WuoyKg5RomI/AAAAAAAAJ_Y/k57OG-WX8E0vkFFgkN2-_NgEa-IfixukwCLcBGAs/s1600/life-in-china-coolies-chinese-school.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-xjyzHuZiOXc/WuoyKg5RomI/AAAAAAAAJ_Y/k57OG-WX8E0vkFFgkN2-_NgEa-IfixukwCLcBGAs/s72-c/life-in-china-coolies-chinese-school.jpg
wacanbuku
http://www.wacanbuku.com/2018/05/kuli-tua-yang-malang.html
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/
http://www.wacanbuku.com/2018/05/kuli-tua-yang-malang.html
true
7620921742776894578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy